Header Ads

Bunga di Malam Hari, Bunga Sedap Malam

Bunga sedap malam tak hanya wangi tetapi juga indah
Bunga sedap malam adalah tumbuhan hijau abadi dari suku Agavaceae. Minyak dari bunga ini digunakan dalam pembuatan parfum. Bunga ini memiliki nama Sedap Malam karena memang bunga mengeluarkan aroma yang cukup harum dan dapat menjadi pengharum ruangan. Terlebih jika mulai malam, aroma bunga ini mulai menebarkan aroma wanginya dengan lebih kuat lagi mungkin karena banyak kuncup bunga yang mekar menjelang malam ini.

Tanaman ini tumbuh hingga 45 cm dan menghasilkan rumpun bunga putih. Daunnya panjang dan berwarna hijau muda yang mengumpul di pangkal batangnya.

Kuntum bunga sedap malam cukup awet untuk disimpan dalam vas atau rangkaina bunga. Bila tangkai bunga sedap malam dipotong bersama kuntum bunga yang sebagian sudah mekar akan mampu bertahan selama 5 hingga 10 hari. Bunga sedap malam biasa mekar di malam hari. Tanaman ini diperkirakan berasal dari Meksiko. Bangsa Astek mengenalnya dengan nama omixochitl, "bunga tulang".

gambar bunga sedap malam
Indahnya bunga sedap malam

Di Hawaii untuk pengantin dan dahulu di zaman Viktoria digunakan sebagai bunga kuburan. Harum bunga ini digambarkan sebagai kompleks, eksotis, manis, dan khas bunga.

Di Indonesia sendiri, bunga cantik dengan tangkai panjang ini telah lama dikenal masyarakat jawa. Bahkan ia telah menjadi mascot Provinsi Jawa Timur. Bunga sedap malam banyak dibudidayakan di daerah Bangil dan juga Rembang. Spesies bunga sedap malam yang dikembangkan di sana adalah jenis Roro Anteng.

Bunga sedap malam ini sangat tersohor oleh sebab wewangiannya yang kuat sehingga ia populer dijadikan bahan baku pembuatan parfum. Kabarnya, wangi sedap malam yang khas ini juga memiliki sejumlah khasiat antara lain sebagai relaksator dan memiliki ketajaman dalam menstimulus otak bagian kanan yang terkoneksi dengan kreatifitas seseorang.

bunga sedap malam
Bunga sedap malam di dalm ruangan

Selain sebagai bahan wewangian, bunga sedap malam juga bermanfaat mengobati sejumlah penyakit antara lain influenza, insomnia, rematik, bisul, bengkak, katarak, penambah darah, meningkatkan stamina, mengatasi radang tenggorokan dan masih banyak lagi lainnya.

No comments