Header Ads

Jenis-jenis Tanaman Hias yang Berbahaya untuk Hewan Peliharaan


Hai sobat pecinta tanaman, merawat tanaman hias tak hanya sekedar menjadi hobi, tetapi juga menawarkan sejuta  manfaat. Terutama untuk menyejukkan pikiran dan jiwa, menangkal racun bahkan dapat memperbaiki suasana hati sang pemilik.

Tak hanya tanaman, terkadang kita juga memiliki hewan peliharaan. tapi ternyata, ada beberapa jenis tanaman hias yang perlu dihindari oleh hewan peliharaan karena membuat mereka keracunan. 

Oleh sebab itu, kita mesti berhati-hati dalam memilih tanaman hias agar tak membahayakan hewan peliharaan. 


berikut beberapa jenis tanaman hias yang beracun untuk hewan peliharaan


1. Fiddle leaf fig 

Fiddle leaf fig atau Kemunding banyak diburu para pecinta tanaman hias berkat bentuk daunnya yang lebar unik serta hijau dedaunannya yang memberi kesan segar di dalam ruangan.

Namun sayangnya, tanaman ini tak bias sembarang dihadirkan di rumah. Tanaman ini beracun untuk hewan peliharaan jika sampai daunnya tertelan dapat mengakibatkan efek kulit iritasi serta gangguan pencernaan.

Meski sangat menarik hati untuk dihadirkan di rumah, tetapi coba dipikir-pikir lagi untuk menjaga keselamatan hewan peliharaan di rumah ya. 

Fiddle leaf fig 


2. Dieffenbachia

Dieffenbachia atau lebih terkenal dengan sebutan sri rejeki ini ternyata tanaman yang berbahaya loh. Tak hanya pada hewan, tetapi juga manusia. Pasalnya, getah kalsium oksalat yang terkandung pada batang dan daun sri rejeki dapat menyebabkan sensasi gatal pada bibir dan lidah, bahkan bisa mengakibatkan kejang-kejang.

Jika getahnya tertelan, hewan peliharaan akan merasakan gejala keracunan seperti iritasi, muntah, air liur berlebihan, pembengkakan mulut hingga kesulitan bernapas. 

Sebaiknya hindari merawat tanaman yang satu ini di rumah jika kamu memiliki hewan peliharaan untuk menghindari sesuatu yang tidak diinginkan terjadi.

 Dieffenbachia


3. Philodendron

Philodendron cukup populer sebagai pilihan tanaman hias indoor. Hijau daunnya yang cantik mengkilap dan berkat perawatannya yang mudah tanaman ini banyak digandrungi untuk dekorasi rumah.

Meski begitu, tanaman philodendron ini sangat berbahaya untuk hewan peliharaan loh. Karena jika tertelan dapat mengakibatkan kejala keracunan, seprti iritasi mulut, bengkak, muntah hingga kesulitan bernapas. 

Philodendron


4. Lidah Buaya

Lidah buaya lebih dikenal sebagai tanaman herbal untuk mengobati berbagai macam penyakit manusia. Tanaman ini juga tak membutuhkan perawatan khusus, shingga tetap populer banyak diburu para pecinta tanaman.

Meski memiliki banyak manfaat, namun lidah buaya ternyata berbahaya bagi hewan peliharaan loh. Karena jika hewan peliharaan menggigit bahkan sampai menelan lidah buaya akan menyebabkan gelaja lesu, muntah hingga saluran pencernaan terganggu.

Lidah buaya


5. Pohon Dollar

Pohon dollar sempat menjadi cukup viral di media sosial sebagai tanaman hias yang bisa ditempatkan di dalam ruangan. Tanaman ini memiliki daya tarik dari bentuknya yang menyerupai uang dollar dan hijau daunnya yang mengkilap. Itulah mengapa tanaman ini disebut pohon dollar.

Akan tetapi, bagi kamu yang memelihara hewan di rumah, sebaiknya hindari untuk merawat tanaman ini karena berbahaya bagi mereka. Jika sampai tertelan, tanaman dollar akan menyebabkan sensasi mulut terbakar, iritasi, muntah, bengkak dan kesulitan bernapas pada hewan.

Pohon dollar

Itulah 5 tanaman hias yang populer namun berbahaya bagi hewan peliharaan karena mengandung racun. Sebaiknya lebih hati-hati dalam memilih tanaman agar tak menyebabkan bahaya bagi hewan peliharaan. Semoga informasi ini bermanfaat ya.



No comments