Header Ads

Simbolisasi dan Makna Bunga Mawar Putih; Cinta, Harmoniasasi dan Kehormatan

Bunga mawar putih yang segar
Bunga mawar putih yang segar...
Bunga bagaikan bahasa hati, kadang bunga bisa menyampaikan sesuatu hal lebih baik dibandingkan kata-kata. Menyampaikan perasaan dengan bunga pun lebih berkesan. Untuk bunga mawar putih, sudah sejak lama digunakan untuk berbagai keperluan, tidak sekedar bahasa untuk mengungkapkan perasaan tetapi juga simbol-simbol untuk menyempurnakan kesan suatu keadaan tertentu.

Awalnya, bunga mawar putih digunakan sebagai simbol cinta sejati, sekarang mungkin fungsi simbolnya telah tergantikan oleh bunga mawar merah. Walaupun begitu keduanya tetap mewakili makna cinta, hanya saja merah memberikan kesan yang lebih berani, lebih tegas, dan seksi. Sementara bunga mawar putih mewakili makna kemurnian, merujuk kepada warnanya.

Bunga mawar putih juga dikenal sebagai bunga pengantin, mawar putih adalah bunga pernikahan tradisional yang masih lekat hingga saat ini, walauun bukanlah sebuah pakem. Dalam hal ini, bunga mawar putih adalah representasi dari persatuan, kebajikan, dan kemurnian dari ikatan baru dari cinta. Mawar putih juga merupakan simbol untuk cinta muda, yang semakin memperkuat asosiasi, dan membuat mereka sangat cocok untuk pernikahan.

Disini kita dapat membangun alur simbolisasi bunga mawar merah dan putih, dimana mawar merah menunjukkan semangat seperti sepasang kekasih yang baru memulai kisah cinta mereka, lama kelamaan dua sejoli ini semakin dekat dan ada penyatuan perasaan, disanalah semangat cinta itu mulai berubah menjadi tali yang mengikat dua insan. Seperti pernikahan yang mengikat dua manusia menjadi satu temali kisah kehidupan. Dari romantisme masa penjajakan atau pacaran (awar merah) menuju keharmonisan rumah tangga (mawar putih).

Masih dalam etiket tradisional, bunga mawar putih juga sangat berkaitan dengan kehormatan atau penghormatan, pada suatu kondisi, bunga mawar putih diasosiasikan dengan kenangan bersama almarhum kekasih. Pengaturan tradisional di pemakaman, mawar putih digunakan sebagai pemberian wujud rasa simpati seseorang.

Setidaknya ada berbagai jalan memaknai makna bunga mawar putih untuk kehormatan, tergantung pada konteksnya. Kuntum mawar putih, misalnya, adalah simbol tradisional untuk melambangkan gadis/perawan dan membawa pesan sang gadis masih sangat muda untuk jatuh cinta. Sementara dalam bidang pengetahuan umum, masih sangat banyak bagian dari bahasa mawar.

wedding white roses
Bunga mawar putih pada acara pernikahan memperkuat simbol keharmonisan

Mawar putih dapat berarti banyak hal untuk banyak orang yang berbeda, hal ini cukup lumrah karena setiap orang bebas memaknai simbol. Bunga mawar putih dapat memiliki makna kontradiktif, seperti awal hubungan atau ikatan cinta yang harmonis yang bertentangan dengan makna dimana bunga mawar putih menjadi tanda perpisahan. Mereka bisa menyampaikan perasaan cinta, rasa hormat persahabatan, dan harapan. Pada dasarnya semua pesan mawar putih yang sekarang identik dengan kesan tidak bersalah dan kemurnian. Susunan mawar putih tidak hanya cantik, yang dapat membawa kompleksitas yang memungkiri penampilan sederhana.

Saat anda berniat untuk mengungkapkan perasaan dengan bunga mawar putih, anda dituntut untuk jeli. Memang demikian saat anda berniat memanfaatkan bunga sebagai simbol, setiap orang dituntut untuk bersikap cerdas dengan memperhatikan segala hal untuk menyampaikan pesan secara efektif.

Kecuali pasangan anda menganggap setiap bunga yang anda berikan akan selalu bermankna kalau anda menyayanginya. Coba saja !!

No comments