Cara dan Teknik Merangkai Bunga untuk Pemula

Sharing is caring :
Merangkai bunga dapat menjadi hobi alternatif untuk mengisi waktu lowong

Memanfaatkan waktu senjang dengan kegiatan merangkai bunga menjadi salah satu pilihan yang menarik. Walaupun kaum sosialita di jaman sekarang ini tidak begitu tertarik dengan kreasi merangkai bunga, namun bukan berarti kegiatan ini sudah ketinggalan gaya.

Kegiatan merangkai bunga dapat menjadi salah satu hobi yang menarik dan juga bisa menghasilkan alias menjadi sumber rejeki, tidak sedikit orang yang membutuhkan jasa merangkai bunga, baik perangkai bungan untuk hiasan di atas meja, hingga menghias dekorasi ruangan untuk sebuah acara.

Bungan memang menjadi instrumen pelengkap yang sempurna untuk memberikan kesan indah, berkarakter dan damai untuk segala kondisi, misalnya di ruang tamu anda, menyediakan beberapa vas bungan hasil kreasi sendiri tentu akan menyenangkan pandangan.

Nah, bagi yang berminat untuk mempraktekkannya, berikut ini kami sajikan beberapa cara dan teknik merangkai bunga;


1. Menyiapkan dan Memotong Bagian Bunga

Persiapkanlah bunga yang akan dirangkai dan pastikan bahwa setiap bunga tersebut sudah Anda potong setidaknya pada bagian pangkal daun. Hal ini memungkinkan agar daun tersebut tidak mengganggu air di vas, sehingga membantu untuk menjaga bunga untuk tetap segar. Potonglah bagian bunga dengan cara miring ke atas atau kebawah, hal ini memungkinkan agar bunga akan menerima nutrisi yang cukup.


2. Memilih Vas Bunga yang Tepat

Bunga dengan ukuran yang lebih kecil cenderung terlihat menarik ketika menggunakan vas pendek dan agak besar. Sementara bunga dengan ukuran lebih besar akan terlihat lebih elegan dengan menggunakan vas yang lebih tinggi. Tetapi dalam hal ini Anda masih tetap dapat memotong bagian bunga dengan panjang yang sesuai seperti selera Anda.


3. Membersihkan Vas Rangkaian Bunga

Pastikan vas yang akan Anda gunakan telah dibersihkan dari residu dengan cara dibilas. Jika Anda menggunak an vas yang terbuat dari kaca, maka Anda juga dapat menambahkan berbagai media didalamnya, seperti pasir, kerikil, atau manik-manik kaca pada bagian bawah vas. Hal ini dilakukan untuk membantuk mendukung bagian batang bunga dan juga untuk memberikan nuansa yang menarik dari hasil pengaturan rangkaian bunga yang akan dibuat.


4. Mengisi Vas Dengan Air Bersuhu Kamar

Upayakan untuk mengisi vas dengan air yang hangat, atau paling tidak bersuhu kamar. Hal ini dimaksudkan agar bunga yang masih kuncup cepat mekar, serta tetap segar dan tahan lama.


5. Menata Bunga Sesuai Ukurannya

Dalam menata bunga, maka upayakanlah agar bunga yang lebih besar dan lebih dominan harus yang paling pertama menjadi proritas untuk di rangkai. Cobalah untuk menempatkan bunga-bunga di sudut yang berbeda untuk membuat sebagian besar dari bentuk masing-masing dan memberikan pengaturan terlihat seimbang. Anda kemudian harus menambahkan bunga-bunga kecil dan akhirnya dedaunan untuk mengisi kesenjangan dan menonjolkan perpaduan warna dari pengaturan tersebut.

Itulah tahapan-tahapan cara merangkai bunga yang bisa Anda implementasikan untuk memperindah suasana ruangan rumah Anda.



Selamat mencoba ...

{ 3 komentar... Views All / Send Comment! }

Be Positive =) said...

Nice :)

Myra Fida said...

Sy tercari2 bunga2 kecil dlm balang kaca kecil beraneka bntuk..warna warni dan sgt kecil saiz nye..mn nk dpt?

Ara Tiara said...

Bagus nih, bisa dicoba. Sangat bermanfaat. kunjungi kami

Post a Comment