Header Ads

Bunga Ratna. Biasanya Tumbuh Liar, Cantik dan Bermanfaat. Sakit Asma, Batuk, Bronkitis dan Masalah Pencernaan Bisa Diatasi

Tanaman bunga ratna, kenop atau dikenal juga sebagai bunga kancing, tergolong dalam habitus semak rendah. Biasanya ditanam di halaman sebagai tanaman hias atau tumbuh liar di ladang-ladang.

Bunga kancing, bunga kenop, bunga ratna.

Tanaman bunga kenop  atau bungan kancing ini dianggap semak, termasuk tanamal liar karena daya tahan tumbuhnya yang kuat dan mudah berkembang dengan biji yang sudah tua dan gugur dari kuncup bunga. Bahkan bunga ini bisa diperbanyak dengan cara stek.

Manfaat Bunga Ratna atasi Masalah Pernafasan, Pencernaan bahkan Antistress

Tanaman bunga kenop atau Bunga ratna memiliki sejumlah kandungan zat kimia, seperti gomphrenin I, II, III, V, VI, dan amarathin. Selain itu, bunga ini juga mengandung minyak asiri, flavon atau saponin yang berkhasiat untuk meluruhkan dahak. Itu sebabnya, bunga ratna memiliki khasiat obat yang cukup baik.

Karenanya, Anda yang memiliki penyakit asma bronchial cukup mencari bunga ratna untuk obat. Cara mengolahnya, ambil sekitar 10 kuntum bunga ratna lalu direbus. Tambahkan arak kuning lalu minum tiga kali sehari hingga asma Anda bisa dinyatakan sembuh.

Begitu juga untuk penyakit bronkhitis kronis. Menurut Yohana Arisandi dan Yovita Andriani dalam buku Khasiat Tanaman Obat, pengalaman menunjukkan pada 10% penderita bronkhitis, timbul rasa kering di tenggorokan sesudah mendapat suntikan ramuan bunga ratna. Namun, hal itu hanya bersifat sementara.

Bukan hanya penyakit pada saluran pernafasan, penyakit pada saluran pencernaan juga bisa diatasi dengan bantuan bunga bunga yang tampil sangat cantik saat berbunga lebat. Bila Anda mengalami penyakit disentri, ambil 10 kuntum bunga ratna segar, ditambah arak kuning lalu direbus. Hasil rebusan itu kemudian diminum.

Begitu pula jika buang air kecil Anda tidak lancar, bunga ratna menjadi solusinya. Ambil 3-10 gram bunga ratna. Kemudian rebus dan hasil rebusannya diminum.

Bukan hanya itu, panas pada anak akibat gangguan lever juga bisa diobati dengan bunga yang sangat mudah ditumbuhkan ini. Cara pengolahannya tak beda jauh dengan untuk obat penyakit lainnya. Ambil 7-14 kuntum bunga ratna segar, direbus kemudian diminum.

Terakhir, bunga ini memiliki kandungan antistres dan antioksidasi yang dapat menenangkan saraf otak dan memperbaiki suasana hati. Minumlah air rebusan bunga kancing setiap malam sebelum tidur.

Nah. ibu-ibu yang sering melihat bunga ini tapi hanya meleatkannya saja, atau sekedar ditanam sebagai tanaman hias bunga, pasti akan lebih semangat lagi memanfaatkannya setelah tau manfaat bunga ini.

Yuk share postingan ini agar semakin banyak yang mengetahui info penting seperti ini.

No comments