Header Ads

Manfaat Bunga Mawar untuk Kesehatan

red rose, rose
Bunga Mawar yang Kaya Manfaat
Bunga mawar tidak hanya cantik dijadikan hiasan di sudut-sudut rumah. Bunga mawar yang memiliki salah satu nama latin rosa acicularis merupakan bunga yang memiliki sekitar 100-150 varian yang berbeda dan tersebar di seluruh dunia. Bunga mawar yang biasanya hadir dalam berbagai warna juga memiliki manfaat lain, baik untuk kecantikan maupun kesehatan. Inilah beberapa manfaat bunga mawar:

  1. Mengurangi stress. Aroma bunga mawar yang harum dapat meregangkan otak syaraf dan mengurangi stres setelah seharian beraktifitas. Itulah sebabnya, mengapa bunga mawar dipilih sebagai salah satu bunga hias yang biasa diletakkan di dalam rumah. Bahkan pengobatan menggunakan bunga mawar sudah dilakukan oleh masyarakat Romawi kuno dan Yunani kuno, mawar menjadi pereda rasa cemas dan obat depresi.
  2. Mengurangi sakit kepala. Dengan kandungan zat yang menenangkan dan memberikan efek terapi, bunga mawar dengan warna dan bentuk yang cantik dapat mengurangi sakit kepala yang menyerang.
  3. Mencegah kerut dan mempercantik kulit. Kandungan polifenol dalam bunga mawar mampu melembapkan kulit, sebagai serum, dan minyak tubuh untuk mencegah kerutan di kulit. Sedangkan Kandungan asam lemak omega-3 dan omega-6 dapat memperbaiki kerusakan kulit. 
  4. Meningkatkan kolagen. Kandungan vitamin C dalam bunga mawar dapat meningkatkan kandungan kolagen dalam tubuh.
  5. Menyehatkan mata. Karena kandungan kolagen pada bunga mawar dapat melenturkan otot-otot mata, sehingga kornea mata memiliki cadangan kolagen berlimpah dan tidak mengeras.
  6. Kesehatan rambut. Kandungan dalam bunga mawar bisa membantu mengatasi masalah kerusakan pada rambut dan bisa merawat rambut agar tetap sehat. Sari- sari yang dihasilkan bunga mawar, sangat baik untuk kesehatan rambut.
  7. Meringankan penyakit seperti batuk, terkena gigitan serangga, bengkak pada tubuh, serangan campak, melancarkan siklus menstruasi, luka memar, nyeri haid, kram betis, hingga rahim turun.
  8. Menyembuhkan kulit. Jika terkena efek kemerahan pada kulit karena pembesaran pembuluh kapiler, iritasi, ataupun luka bakar, bunga mawar dapat menyembuhkan luka tersebut.
  9. Baik untuk pencernaan. Cara ini telah populer digunakan oleh masyarakat India kuno. Mawar dianggap mampu mengatasi masalah pencernaan dan menjaga metabolisme tubuh agat tetap prima.
Bagaimana? Bunga mawar tidak hanya cantik sebagai hiasan saja bukan? Siapa sangka jika bunga mawar juga memiliki banyak manfaat yang baik untuk tubuh. Semoga bermanfaat.

No comments